Rabu, 25 Mei 2016

Menulis : Jadikan hidup lebih hidup

Menulis : Jadikan hidup lebih hidup
Oleh : Agung Dermawan

           

Mengutip dari Buya Hamka  “Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan juga hidup.  Jika bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja”,  maka saya awali penjelasan atau penjabaran mengenai alasan kenapa saya ingin menjadi penulis adalah karena saya tidak ingin sekadar hidup. Saya ingin menjadikan hidup lebih hidup dengan menjadi berguna bagi orang  lain dan salah satunya melalui tulisan yang bisa saja nanti menjadi inspirasi bagi orang lain. Bila ditanya ada berapa alasan yang membuat saya ingin menjadi penulis? Maka jawabannya akan banyak sekali, beda hal jika yang ditanya adalah “Sebutkan satu saja alasan untuk tidak menjadi penulis?” kontan saya akan kebingungan.
Kahlil Ghibran misalnya, akankah kita familiar dengan nama tersebut jika beliau tidak menulis? Jelas tidak, karena beliau terlahir berabad-abad sebelum kita lahir. Pramoedya Ananta Toer misalnya, akankah pemikiran-pemikiran beliau yang acap kali kontroversial pada masanya dulu, hingga kini masih menjadi sejarah kepenulisan hingga saat ini jika beliau tidak menulis? Tentu tidak.
Dan begitupun saya dalam melihat diri saya sendiri. Sering kita dengar bahwa “Setiap manusia terlahir membawa misinya masing-masing” selalu ada alasan kenapa kita terlahir di dunia ini, dan saya percaya pada diri saya sendiri, bahwa saya dilahirkan dengan tujuan yang besar, bisa jadi untuk mengubah dunia atau mengubah negara, mengubah lingkungan atau setidaknya mengangkat derajat keluarga, dan menurut saya cara termudah untuk mengubah sesuatu adalah melalui tulisan yang berisi dan menyentuh.
Oleh karena itu saya ingin sekali untuk menjadi seorang penulis sejati. Seseorang yang akan tetap hidup berabad-abad kedepan meski hanya lewat tulisan. 

3 komentar:

triboy mengatakan...

Top Markotop mas agung,

Unknown mengatakan...

makasih mas triboy, punya mas jauh lebih top (y)

Eliya mengatakan...

Pertama selesai dan manteb..